Seruan Menaikkan Harga Rokok Indonesia

Rokok bukanlah benda yang asing dalam kehidupan kita. Benda kecil namun sangat berbahaya bagi kesehatan karena berbagai macam penyakit yang bisa ditimbulkannya ini bahkan sudah mengacan anak-anak. Tiap tahun, ratusan ribu perokok baru dilahirkan, salah satunya dari kalangan anak-anak.

Karena alasan itulah, sebanyak 144 organisasi masyarakat (ormas) se-Jawa dam Sumatera Utara melalui Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia meyerukan agar harga rokok dinaikkan, agar tidak terjangkau oleh anak-anak. Harga rokok yang cukup murah selama ini dianggap semakin memudahkan anak-anak membeli rokok maupun mengecernya.

Selain itu, harga rokok yang dinaikkan juga dimaksudkana agar tidak terjangkau oleh kelompok rentan, yakni keluarga miskin. Sebagaimana diketahui bersama, rokok telah menjadi sahabat kental masyarakat miskin Indonesia. Kebutuhan akan rokok sudah setara bahkan melebihi kebutuhan primer seperti beras. Bahkan, tingkat kesejahteraan masyarakat sedikit banyak dipengaruhi oleh kemampuan membeli rokok. Bahkan salah seorang nelayan/petani yang diwawancari koran nasional beberapa waktu lalu mengaku bahwa lebih baik tidak makan nasi ketimbang tidak merokok.

Rokok selain merusak kesehatan perokoknya, juga berimbas pada orang-orang di sekitar perokok yang kemudian berstatus menjadi perokok pasif. Segala kebijakan sudah coba diterapkan pemerintah, mulai dari pembangunan ruang-ruang khusu merokok di tempat-tempat umum hingga sanksi tegas bagi siapapun orang yang merokok di areal-areal yang terlarang untuk rokok, seperti kawasan sekolah, rumah sakit, perkantoran, dan tempat-tempat umum lainnya. Kita tunggu saja bagaimana kelanjutannya.

1 Komentar (+add yours?)

  1. Cak Ipon
    Okt 15, 2010 @ 07:52:14

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 5 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: