Mental Siap Menang dalam Pilkada

Sebagai negara yang menganut paham demokrasi, Indonesia sering sekali mengadakan pemilihan kepala daerah atau Pilkada, baik di tingkat kota, kabupaten, maupun provinsi. Lebih dari 200 Pilkada kita selenggarakan sepanjang tahun 2010. Tak jarang urusan kotak suara itu berujung ricuh, pemboikotan, bentrok antar pendukung, amuk massa, perusakan, kerusuhan, dan seterusnya dengan korban nyawa dan kerugian materiil yang tidak sedikit. Hal itu sudah jamak di negeri ini.

Sebenarnya, hal ini hanya membuktikan bahwa kita belum terlalu siap menghelat ajang kontestasi pemilihan umum lantaran satu hal: mental siap menang. Kita amat siap untuk menyelenggarakan Pilkada dan memenangkan calon favorit kita dengan segala cara. Bahkan, kita amat siap untuk berkelahi massal dengan massa pendukung calon lain demi membela calon kita. Kita juga amat sigap menggempur kantor-kantor Komisi Pemilihan Umum di sepanjang Indonesia bila calon kita dikalahkan. Singkat kata, bangsa kita sangat siap untuk menang, dan tidak punya cadangan kedewasaan pikiran, kejernihan akal, dan kearifan tindakan untuk menerima kekalahan. Kita lebih siap untuk menang daripada kalah terhormat. Hal ini makin diperparah dengan jenis demokrasi yang kita anut, yakni ‘demokrasi siapa’. Artinya, kita masih terpaku pada siapa tokoh yang memimpin, bukan bagaimana ia memimpin.

Maka, kita harus mulai membenahi mentalitas kita yang selalu siap menang tersebut. Dalam ajang kontestasi pemimpin seperti Pilkada, kalah dan menang bukanlah poin utama. Yang terutama adalah bagaimana dalam proses berdemokrasi itu kita mampu menyelenggarakan suksesi kepemimpinan dengan damai, elegan, dan bersahaja demi kebaikan bersama. Bagaimanapun juga, masalah keributan dalam pemilihan umum semacam itu cukup serius, sebab ia berpotensi menyebabkan disintregrasi bangsa. Inilah bahan renungan kita semua agar suatu hari nanti tidak ada lagi seorangpun dari kita yang tega menikam saudara kita yang lain hanya demi kemenangan di pemilihan umum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 5 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: