Sistem SKS bagi SMP dan SMA

Baru-baru ini, pemerintah berencana akan menerapkan sistem SKS (sistem satuan kredit) di jenjang pendidikan SMP/MTs dan SMA/MA. SKS adalah sistem yang selama ini diterapkan di perguruan tinggi.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sudah mengeluarkan panduan penyelenggaraan panduan penyelenggaraan sistem SKS bagi SMP/MTs dan SMA/MA. Panduan BSNP tersebut berisi persyaratan penyelenggaraan, komponen beban belajar, beban belajar minimal dan maksimal, serta komposisi beban belajar. Adapun soal lainnya yang juga diatur antara lain soal kriteria pengambilan beban belajar, penilaian, penentuan indeks prestasi, dan kelulusan.

Ketentuan lain, bagi SMP/SMA sederajat kategori SMP/SMA standar, sistem SKS merupakan pilihan, sedang bagi SMA/MTs mandiri mandiri dan standar internasional, sistem ini wajib diterapkan.

Dalam sistem SKS ini, siswa yang pintar dapat menyelesaikan masa pendidikan dengan lebih cepat, sebab jika indeks prestasi (IP) siswa pintar tersebut tinggi, ia dapat mengambil SKS dengan jumlah lebih banyak. Jumlah mata pelajaran di semester berikutnya akan tergantung pada jumlah IP semester sebelumnya. Semakin tinggi IP, semakin banyak mata pelajaran yang bisa diambil, dan kelulusanpun semakin cepat. Sedangkan keuntungan bagi guru, mereka akan mudah memenuhi beban mengajar minimal 24 jam.

Untuk menerapkan SKS, sebuah sekolah setidaknya sudah harus menyiapkan infrastruktur, seperti ruang kelas untuk pelaksanaan moving class. Juga sedari sekarang sosialisasi harus digalakkan. Semua ini, menurut peemerintah, adalah demi kemajuan pendidikan, serta peningkatan keleluasaan belajar siswa sesuai bakat, minat, dan kemampuan. Bagaimana menurut Anda inovasi pemerintah ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 5 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: