Gugat SBI-RSBI

Pendidikan adalah hak dasar bagi setiap warga negara dan hal itu tertuang dalam batang tubuh UUD 1945, beberapa pasal seperti pasal 28c ayat (1),28E ayat (1) 28I ayat (2), 31, serta sekitar 20 peraturan perundang-undangan yang intinya adalah membela hak pendidikan bagi semua warganegara.

Namun, sikap sebaliknya justru ditunjukkan pemerintah. Pemerintah kini tengah serius melakukan kastanisasi pendidikan serta penyortiran kemampuan finansial orangtua melalui kebijakan pendirian SBI-RSBI yang lebih terdengar seperti guyonan ketimbang komitmen kesetaraan dalam pendidikan.

SBI-RSBI bermasalah mulai dari pendaftaraan, tes masuk, pengumuman hasil tes, proses belajar-mengajar, hingga hasil lulusan yang tidak jelas. SBI-RSBI sarat permainan uang dan kapitalisasi. Mereka yang tak mampu harus segera melupakan mimpinya menyekolahkan anaknya di SBI-RSBI. SBI-RSBI adalah sekolah berorientasi uang.

Terlebih, SBI-RSBI hanya menonjolkan simbolisme-simbolisme pendidikan tanpa makna. SBI-RSBI diartikan sebagai sekolah berfasilitas mewah, berkurikulum internasional, dan berbahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, dengan tarif masuk setara dengan biaya satu hidup keluarga miskin selama setahun. Namun, esensi SBI-RSBI hampir kosong. Sekolah seperti itu takkan pernah mampu mencetak lulusan yang sanggup berpikir global-universal dan bertindak dalam kearifan lokal, sebab instrumen pendidikan yang ditawarkan SBI-RSBI sendiri sudah salah kaprah, sesat sesesat-sesatnya. SBI-RSBI hanya berkutat pada simbolisme ketimbang esensi pendidikan. Maka SBI-RSBI harus digugat sekarang juga.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 5 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: