Apakah Anarkisme itu?

Anarkisme adalah salah satu aliran sosialisme yang sebenarnya tidak tergolong Marxisme. Anarkisme bahkan sering berkonfrontasi secara langsung dengan Marxisme. Anarkisme memiliki kekhasan tersendiri dan tidak sekedar menjiplak Marxisme ortodoks.

Tokoh utama Anarkisme adalah Mikhail Bakunin (1814-1876). Ia terlibat dalam berbagai pemberontakan di Eropa, memimpin kelompok anarkis dalam Internationale I dan sering bertengkar hebat dengan Karl Marx.

Inti ajaran anarkisme adalah penolakannya terhadap negara dalam segala bentuknya, entah itu monarki, republik, sosialisme, dan sebagainya. Anarkisme menganggap negara dalam berbagai bentuknya itu sama saja, selalu bermakna negatif. Negara dalam pandangan Anarkisme patut ditolak karena mempunyai kekuasaan pemaksa, undang-undang, polisi, mahkamah pengadilan, angkatan bersenjata dan sebagainya.

Yang dicita-citakan Anarkisme adalah anarkhia, keadaan tanpa kekuasaan pemaksa. Dalam pandangan Anarkisme, keadilanlah yang harus ditegakkan dalam satu kehidupan bermasyarakat. Sebab, jika keadilan sudah tercipta, kejahatan, perang, dan kriminalitas akan hilang dengan sendirinya. Dengan demikian, maka negara dan alat-alat negara lainnya sudah tidak diperlukan lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 5 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: