Apa Yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Kebakaran?

Kebakaran bisa terjadi dimana saja, kapan saja, dan disebabkan apa saja. Bahkan, sesuatu yang Anda tidak sadari bahayanya, misalnya puntung rokok yang dibuang sembarangan atau tidak dimatikan secara sempurna, bisa saja menghanguskan rumah Anda. Jika terjadi kebakaran di rumah Anda, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, yakni:

Nyalakan alarm: Anda harus memastikan bahwa semua orang yang ada di dalam rumah mendengar bunyi peringatan itu dan mengerti bahwa mereka harus segera bangun karena telah terjadi kebakaran. Jika tidak ada alarm, buatlah bunyi-bunyian dari apapun saja. Atau minimal berteriaklah.

Bawa keluar semua orang: segera bawa keluar semua orang dengan cara evakuasi paling singkat. Andalah yang paling mengerti tata letak rumah Anda dan tempat-tempat keluarnya. Jangan merasa panik, sebab kepanikan Anda bisa memperburuk situasi.

Jangan tunda: jangan mendahulukan menyelamatkan barang-barang Anda, utamakanlah nyawa Anda dan keluarga Anda. Ingat, barang masih bisa dibeli, namun tidak nyawa seseorang.

Menunduklah: menunduklah atau merangkaklah selama proses melarikan diri, sebagai satu sikap antisipasi apabila terjadi ledakan gas (yang dipicu kebakaran) yang sangat berbahaya.

Jika baju Anda terbakar: jika itu terjadi, berhentilah sejenak dan berbaringlah. Tutup muka Anda dan berguling-gulinglah perlahan untuk mematikannya (jangan berlari sebab itu justru membesarkan api dengan oksigen)

Berkumpul di tempat aman: carilah tempat yang aman dari area kebakaran dan mulailah menghitung jumlah anggota keluarga. Jika ada seseorang yang hilang, tetap teriakilah dan suruh orang itu segera keluar. Jangan coba-coba kembali ke dalam lokasi kebakaran kecuali jika situasi memungkinkan didukung pengamanan diri yang cukup.

Jika kebakarannya kecil dan terpusat: jika Anda merasa bisa mengatasinya, lindungilah rumah Anda terlebih dahulu dengan berusaha mematikan apinya. Namun jika api tidak kunjung padam dan malah membesar, segera bawa semua orang keluar.

Telepon pemadam kebakaran: langkah terakhir adalah telepon pemadam kebakaran terdekat untuk menangani situasi semacam itu.

Demikian langkah-langkah pengamanan diri dari kebakaran. Jika ada yang mau menambahkan, silahkan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 5 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: