Cara Mendapatkan IP Tinggi

IP (Indeks Prestasi) yang tinggi mungkin menjadi impian setiap mahasiswa. Namun, bagaimanakah caranya memperoleh IP tinggi? Ada banyak caranya dan tidak terlalu sulit dilakukan. Saya akan membagikannya untuk Anda semua:

1. Belajar Yang Giat: Apalagi yang mau diandalkan kalau tidak belajar? Anda harus menguasai materi-materi yang diberikan dosen Anda, sebab jika Anda tidak menguasainya, sudah bisa dipastikan IP Anda akan terjun payung.

2. Kumpulkan Tugas Tepat Waktu: Kalau boleh memilih, lebih baik Anda tetap mengumpulkan tugas walaupun kurang baik ketimbang Anda mengumpulkannya terlambat, apalagi sampai tidak mengumpulkan. Ketepatan pengumpulan tugas juga menjadi pertimbangan dosen.

3. Jaga Presensi: Ini penting, sebab hampir semua dosen menganggap presensi/kehadiran sebagai salah satu pertimbangan nilai. Umumnya, untuk 2 SKS Anda mempunyai jatah 3 kali absen, sedang untuk 4 SKS Anda mendapat jatah 6 kali absen. Pergunakanlah jatah absen tersebut dengan bijak. Jangan membolos sekiranya tidak ada keperluan penting yang mendesak.

4. Bersikap Sopan: Sikap sopan kepada dosen sangatlah penting. Sebab terkadang seorang dosen memberikan personal-judgment pada mahasiswanya. Dalam memberikan penilaian, dosen terkadang terpengaruh oleh perasaannya, salah satu yang mempengaruhinya adalah perangai dan kesopanan mahasiswa kepadanya.

5. Bersikap Kritis dan Jangan Menjilat: Kebanyakan dosen amat menyukai mahasiswa yang kritis dan tidak menyukai mahasiswa yang menutupi kelemahannya dengan menjilat. Sikap kritis itu harus dinamis, dialektis, tidak egois dan tidak dipaksakan. Oh ya, keaktifan Anda dalam kelas juga sangat diperlukan.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 2 pengikut lainnya.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: